Pengabdian Masyarakat “Literasi IT untuk guru-guru MA Arifah”

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar kembali menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (KPM) pada hari Selasa, 22 November tahun 2022 dengan tema “Integrasi ICT Dalam Kehidupan Sehari-hari”. Hal ini tentu sejalan dengan salah satu kewajiban sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Perkembangan teknologi yang pesat membuka peluang untuk menunjang pekerjaan sehari-hari baik pada bidang ekonomi, bidang pemerintahan bidang transportasi, bidang kesehatan dan bidang pendidikan. Oleh karena itu, kegiatan ini memberikan wawasan tentang pemanfaatan dan implementasi ICT di berbagai bidang.

Dikutip dari laman maarifah.sch.id: Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru madrasah sebanyak 32 orang, dengan Narasumber bapak Dr. Andi Ridwan Kambau, S.T., M.Kom, beliau merupakan kepala Laboratorium Komputer dan  dosen tetap Prodi Teknik Informatika FST UIN Alauddin Makassar. Dalam presentasenya, beliau menjelaskan beberapa bukti ketergantungan ummat manusia saat ini pada Informasi Komunikasi. Banyak pekerjaan manusia yang telah digantikan oleh mesin dan kedepan makin lebih banyak lagi kegiatan manusia diambil alih oleh mesin. Itulah sebabnya beliau berharap melalui kegiatan ini, guru MA Arifah memiliki pemahaman terkait pentingnya pengupayaan siswa untuk melek IT. Karena dalam perkembangan IT mau suka atau tidak disuka tetap menjadi masa depan manusia, tambahnya.

Wakamad Kurikulum Amriadi SPd yang juga mengikuti kegiatan ini mengatakan sangat bersyukur dapat memperoleh materi terkait literasi IT. Ada beberapa ide – ide ataupun gagasan untuk memberlakukan kemajuan IT ataupun keunggulan digital dalam kegiatan ekstra kurikuler siswa. Apa lagi menurutnya karena Madrasah Arifah adalah madrasah riset yang berbasis digital.

Hadir membuka kegiatan bapak Ridzan Djafri selaku Kepala MA Arifah, dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada jurusan Teknik informatika yang bersedia membagi ilmunya ke Arifah. MA Arifah ingin senantiasa berkolaborasi dengan siapa saja, utamanya dengan pihak kampus ataupun lembaga pendidikan lainnya. Turut memberi sambutan pak Faisal, S.T., M.T selaku ketua jurusan prodi Teknik Informatika, beliau berharap semoga kegiatan ini membawa manfaat, baik untuk siswa maupun guru-guru di MA Arifah.

Hadir pula Direktur MA Arifah Dr. Nurdin, dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya dengan kegiatan yang akan mengupgrade pemahaman guru terkait IT. “Saya sudah menyampaikan kepada kamad bahwa kalau kegiatan dari UIN Alauddin maka apapun itu terima, karena pasti merupakan hal bagus” kata mantan kepala sekolah SMA Andalan Malino tersebut.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright Program Studi Teknik Informatika | Fakultas Sains dan Teknologi | Univesitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Slot 88 ||
Server Thailand||
SLOT||
Login Slot88||